+62725763180
akademik@unulampung.ac.id

Pelaksanaan Praktikum Iktiologi Jurusan Perikanan

Universitas Nahdlatul Ulama Lampung

Pelaksanaan Praktikum Iktiologi Jurusan Perikanan

Iktiologi (ichthyology) merupakan cabang ilmu yang mempelajari berkenaan dengan morfologi dan fisiologi yang dimiliki ikan. Praktik iktiologi terkait erat dengan biologi kelautan, limnologi, yang merupakan ilmu yang didedikasikan untuk studi ekosistem perairan kontinental, dan oseanografi, atau ilmu yang mempelajari sungai, danau, laut, lautan, dan ruang apa pun di dunia akuatik.

Jurusan Perikanan yang terdapat di UNU Lampung memberikan fasilitas praktikum iktiologi kepada para mahasiswa prodi THP dan PSDP untuk melengkapi dan memahami teori keilmuan yang diperoleh pada saat kuliah. Praktikum ikhtiologi mencakup kegiatan pengenalan jenis atau identifikasi dengan mengamati morfologi, sifat morfometrik dan meristik ikan serta mengamati 10 sistem organ yang terdapat pada tubuh ikan, meliputi sistem integumen, sistem otot, sistem rangka, sistem pernafasan, sistem peredaran darah, sistem pencernaan, sistem reproduksi, sistem hormon endokrin, sistem syaraf, serta sistem ekskresi dan osmoregulasi.

Pengetahuan akan ukuran ikan yang layak tangkap, musim pemijahan dan karakteristik biologis lainnya harus dapat dikuasai oleh mahasiswa perikanan karena sumberdaya ikan bersifat dinamis, yaitu berubah menurut ruang dan waktu sehingga hal ini menjadi penting sebagai landasan dalam pengelolaan sumberdaya.

Mahasiswa perikanan lulusan UNU Lampung diharapkan dapat menguasai keilmuan Iktiologi secara baik sehingga dapat melakukan pengelolaan sumberdaya perikanan secara ekonomis dan berkelanjutan baik di lingkungan instansi pemerintah ataupun swasta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *