+62725763180
akademik@unulampung.ac.id

Praktikum Ilmu Ternak Unggas

Universitas Nahdlatul Ulama Lampung

Praktikum Ilmu Ternak Unggas

Praktikum Ilmu Ternak Unggas

Mata kuliah ilmu ternak unggas merupakan mata kuliah yang menguraikan dan membahas secara luas dan menyeluruh tentang perunggasan yang menyangkut tentang pengertian ternak unggas, asal usul ternak unggas, bangsa dan strain, anatomi dan fisiologi unggas, penetasan pada unggas, dan dasar-dasar perkandangan unggas.

Unggas adalah jenis ternak bersayap dari kelas aves yang telah didomestikasikan dan cara hidupnya diatur oleh manusia dengan tujuan untuk memberikan nilai ekonomis dalam bentuk barang (daging dan telur) dan jasa (pendapatan). Termasuk kelompok unggas adalah ayam ras (petelur dan pedaging), ayam kampung, itik, kalkun, burung puyuh, burung merpati, dan angsa yang sekarang sudah diusahakan secara komersil. Sementara itu, mutiara, kasuari, dan burung unta masih dijajaki kemungkinannya untuk diternakkan secara komersil.

Ilmu pengetahuan tentang unggas (poultry), baik mengenai prinsip pemeliharaan secara teoritis ataupun praktis, serta ilmu tentang produksi, reproduksi, genetik, teknologi hasil unggas dan pemasarannya dinamakan ilmu ternak unggas (poultry science).

Kegiatan praktikum Ilmu Ternak Unggas ditujukan untuk mengenali jenis unggas, perbedaannya, anatomi ternak unggas, jenis penyakit unggas, cara menyusun ransum, mengetahui sistem perkandangan yang baik. Hal ini diharapkan dapat memberikan manfaat untuk para mahasiswa peternakan UNU Lampung berupa keterampilan dalaqm  mengetahui perbedaan antara unggas air dengan unggas darat, jantan dan betina, teknik maupun cara dalam penyusunan ransum, faktor faktor yang dapat mempengaruhi kenyamanan dan produksi ternak dalam suatu perkandangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *